Logo

Analisa perbandingan fama-french three factor model dengan capital asset pricing model terhadap return saham perusahaan listing di bursa efek Jakarta (periode tahun 2001-2005)

Karwelo, Steephen and , Stephanie (2008) Analisa perbandingan fama-french three factor model dengan capital asset pricing model terhadap return saham perusahaan listing di bursa efek Jakarta (periode tahun 2001-2005). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam dunia investasi banyak model yang dipergunakan untuk menghitung return yang akan dibandingkan dengan resiko yang ada. Model yang akan diperbandingkan dalam penelitian ini adalah Capital Asset Pricing Model dengan Fama-French Three Factor Model. Capital Asset Pricing Model merupakan salah satu model untuk menghitung return dengan mempergunakan faktor market risk saja sedangkan Fama-French Three Factor Model mempergunakan faktor market risk, size, dan book-to-market equity. Penelitian ini mempergunakan 150 data saham perusahaan yang telah dipilah - pilah dari 263 data saham perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ada dalam penelitian ini. Dimana data tersebut merupakan data saham perusahaan dari periode 2001 - 2005. Seluruh data yang ada akan diproses melalui pembagian atas beberapa portofolio dan dari hasil tersebut akan dimasukkan kedalam kedua model untuk mendapatkan estimasi return. Masing ? masing dari estimasi return yang telah didapatkan akan diuji beda untuk mengetahui model manakah akurat dalam menghitung return. Dengan adanya pengujian ini, maka investor dapat mempertimbangkan akan model mana yang akan digunakan sesuai kondisi dan keadaan yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: fama-french three factor model, capital asset pricing model, investment
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 13 Apr 2011 16:05
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item