Logo

Studi pemakaian kapasitor 6.3 kv sebagai filter harmonik pada sistem distribusi listrik P.T. Semen Gresik (persero) Tbk. pabrik Tuban III.

Bachtiar, Awang Djohan (2001) Studi pemakaian kapasitor 6.3 kv sebagai filter harmonik pada sistem distribusi listrik P.T. Semen Gresik (persero) Tbk. pabrik Tuban III. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas daya listrik yang baik sangat diperlukan di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban III, karena banyaknya motor-motor dan kontrol motor yang menyebabkan faktor daya menjadi turun dan kenyataannya juga menyebabkan timbulnya harmonisa pada sistem distribusi listrik di Pabrik Tuban III Untuk itu PT. Semen Gresik (Persero) Tbk Pabrik Tuban III memasang Capasitor Filter yang bertujuan untuk mengkompensasi beban-beban induktif dan mereduksi harmonisa yang dihasilkan oleh kontrol-kontrol motor dan beban- beban yang tidak linier lainnya. Pengamatan dan pengukuran dilakukan pada PCC 6,3 KVdi distribusi listrik Pabrik Tuban III dengan menggunakan Power Harmonic Analyzer Fluke 41B yaitu tegangan, %VTHD, arus, %ITHD, frekuensi, power factor (PF), distortion power factor (DPF). Data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang diijinkan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pemasangan Capasitor Filter , faktor daya menjadi lebih baik (0.99) dan distorsi harmonisa dapat diredam pada batas-batas yang diijinkan (3.73%). Dengan kata lain filter kapasitor bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: capacitors, electronics, power, distibution, semen, gresik
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 21:07
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item