Logo

Penerapan target costing untuk membuat keputusan memasuki pasar baru: studi kasus pada CV. XYZ

C, Khoe Helen Ardhina (2004) Penerapan target costing untuk membuat keputusan memasuki pasar baru: studi kasus pada CV. XYZ. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi kasus ini dilakukan pada CV. XYZ yang berada di Jawa Tengah. Perusahaan ini sudah mengembangkan usaha bantal guling bayinya selama empat tahun dan sudah dapat menguasai pasar di Jawa Tengah. Saat ini perusahaan ingin mengembangkan pasarnya hingga sampai ke Jawa Barat dan Jawa Timur. Sedangkan tujuan dari studi ini adalah untuk memberikan berbagai alternatif penentuan biaya yang dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan memasuki pasar baru di Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode target costing. Metode ini merupakan metode yang menentukan biaya pada tahap perencanaan dan berdasarkan keinginan konsumen mulai dari harga, kualitas dan desainnya, sehingga proses produksi yang dilakukan dapat benar-benar efisien dan terencana. Studi kasus ini membuktikan bahwa dengan metode target costing perusahaan dapat memasuki pasar di Jawa Barat dengan harga Rp 85.000,-/lusin dengan memberikan berbagai alternatif penentuan biaya yang sesuai dengan permintaan konsumen di Jawa Barat tersebut. Alternatif terbaiknya adalah alternatif ketiga pada skenario C dengan laba yang diperoleh sebesar 18,78% yang juga sudah mendekati laba yang diinginkan perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: cost, accounting, managerial, target costing
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 13:00
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/8000

Actions (login required)

View Item