Logo

Analisa pengaruh penampang tangki pada truk air terhadap tegangan maksimum yang terjadi menggunakan metode elemen hingga dalam penentuan profil optimum

Lookman, Wiraatmaja (2007) Analisa pengaruh penampang tangki pada truk air terhadap tegangan maksimum yang terjadi menggunakan metode elemen hingga dalam penentuan profil optimum. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tangki Truk Air adalah tangki yang terdapat pada kendaraan bermotor yang didesain untuk mengangkut muatan berbentuk cairan di jalan raya. Untuk meningkatkan kapasitas angkut air dibutuhkan perubahan pada desain tangki, yang dimana perubahan ini tidak dapat dilakukan dengan merubah dimensi yang ada. Karena perubahan dimensi akan mengakibatkan perubahan titik berat dan berkurangnya nilai estetika. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan merubah penampang tangki. Semakin luas penampang yang dimiliki, semakin besar kapasitas yang dapat diangkut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penampang terhadap tegangan maksimum yang terjadi pada tangki truk air, dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ANSYS yang merupakan software berbasis metode elemen hingga. Berdasarkan hasil penelitian dengan merubah geometri penampang dengan model-model yang ada di pasar (delapan model penampang), didapatkan tegangan maksimum pada tiap model tangki untuk di tes keamanannya. Lalu di evaluasi dengan matrix pemilihan dengan kriteria tangki yang ideal menurut kebutuhan pasar dan didapatkan bahwa tangki dengan penampang Trapesium adalah profil yang paling optimum menurut penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: water truck, water tank, hydrostatic pressure, profile, maximum stress, finite element methode, safety factor
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 19:09
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/9265

Actions (login required)

View Item