Logo

Evaluasi publik terhadap iklan komersial televisi (studi kasus di kota Surabaya dan kota Solo)

Indriati, Rosalyn and Santoso, Lienawati (2006) Evaluasi publik terhadap iklan komersial televisi (studi kasus di kota Surabaya dan kota Solo). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan sebuah televisi merupakan sarana transformasi informasi, namun di sisi lainnya juga dianggap sebagai media komersial sebagi media pengiklanan sebuah produk. Namun dari perspektif sosial, iklan yang ditayangkan televisi juga mengandung nilai-nilai yang bermanfaat bagi publik, dan di sisi lain juga memungkinkan terdapatnya dampak negatif. Berdasarkan pada nilai setiap indikator variabel bebas (laten eksogen) yang . 0 (nol), hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa marketplace information, buying confidence, informasi citra sosial, nilai hiburan, materialisme, kesesuaian nilai, dampak terhadap anak-anak, dampak ekonomi, TV bebas, dan manipulasi mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap iklan televisi dapat diterima. Berdasarkan pada nilai T-value yang paling tinggi diantara faktor-faktor lainnya (-5,75), maka hipotesis yang menyatakan bahwa faktor: "dampak iklan terhadap anak-anak" adalah faktor yang berpengaruh dominan terhadap penilaian masyarakat terhadap iklan televisi dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semakin berdampak negatif sebuah iklan terhadap anak-anak, maka penilaian publik semakin rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: television, commercial advertisement, public evaluation
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 15:00
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item