Logo

Efektivitas corrosion inhibitor ferrogard 903 pada beton bertulang di lingkungan agresif

Sulistio, Gunawan and Padang, Stephen Fransisco (2004) Efektivitas corrosion inhibitor ferrogard 903 pada beton bertulang di lingkungan agresif. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Korosi merupakan masalah bagi dunia teknologi beton, khususnya beton bertulang di lingkungan agresif. Korosi terutama disebabkan oleh reaksi elektrokimia antara logam dan lingkungannya. Alternatif yang efektif untuk memperlambat terjadinya korosi pada tulangan adalah dengan peningkatan mutu beton maupun penambahan corrosion inhibitor. Untuk perbaikan dan pemeliharaan struktur di lingkungan agresif lebih difokuskan pada pengaplikasian corrosion inhibitor. Dalam kenyataannya ada banyak macam corrosion inhibitor yang masing ? masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertimbangan digunakannya suatu macam corrosion inhibitor dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama dalam hal efektifitasnya. Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas corrosion inhibitor, maka dilakukan pengujian dengan berbagai macam test, yaitu qualitative test, half cell potential test, chloride ion content test, dan pH test. Penelitian mengenai corrosion inhibitor perlu dikembangkan lebih lanjut agar dapat diaplikasikan secara luas di kemudian hari serta tidak terjadi kesalahan persepsi mengenai keberadaannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: corrosion, corrosion inhibitor, aggressive environment, qualitative, cell, chloride, ion, ph test
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 11:41
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item