Logo

Analisa pengaruh variasi kecepatan turun dan temperatur tuang pada proses direct chill casting terhadap sifat mekanik round

S, Silvester Rachmadi (2004) Analisa pengaruh variasi kecepatan turun dan temperatur tuang pada proses direct chill casting terhadap sifat mekanik round. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Direct chill casting merupakan proses pengecoran dengan pembekuan cepat yang dipengaruhi oleh faktor temperatur tuang dan kecepatan turun bottom block . Pembekuan cepat akan mempengaruhi sifat mekaniknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana pengaruh temperatur tuang dan kecepatan turun bottom block terhadap sifat mekanik produk yang dihasilkan. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan kecepatan turun bottom block sebesar 57 mm/menit dan 67 mm/menit dengan temperatur tuang sebesar 750 0 C, 775 0 C dan 800 0 C. Analisa sifat mekanik yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan dan kekuatan tarik. Nilai kekerasan dan kekuatan tarik yang didapat akan dibandingkan satu dengan yang lain untuk mengetahui variasi mana yang dapat menghasilkan produk cor yang paling tinggi nilai kekerasan dan kekuatan tariknya. Dari hasil penelitian didapatkan nilai kekerasan yang cenderung tidak seragam pada potongan melintang yaitu dari posisi tepi ke pusat dan pada potongan membujur dari bagian bawah ke atas. Nilai kekerasan dan kekuatan tarik yang paling tinggi ini didapatkan pada variasi kecepatan turun bottom block sebesar 57 mm/menit dan temperatur tuang sebesar 775 0 C.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: chill, casting, mechanical properties, hardness, tensile strength, aluminium
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:17
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10454

Actions (login required)

View Item