Logo

Perancangan dan pembuatan aplikasi reengineering relational database menggunakan teknik data mining

Verany, Alicia (2006) Perancangan dan pembuatan aplikasi reengineering relational database menggunakan teknik data mining. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aplikasi reengineering terdahulu masih belum menggunakan teknik data mining dalam prosesnya, sehingga proses reengineering masih belum bersifat otomatis dan sangat tergantung kepada pengetahuan user tentang database system. Selain itu, prosesnya memakan waktu yang lama. Pada Tugas Akhir ini dibuat suatu aplikasi yang dapat me-reengineer relational database secara otomatis dengan teknik data mining, sehingga dihasilkan relational database yang tidak mengandung data redundancy serta datanya konsisten. Aplikasi ini dibuat menggunakan Borland Delphi 7.0. Sumber data aplikasi adalah Microsoft Access dan Microsoft Excel. Proses reengineering meliputi pembacaan physical database ke dalam logical data model (reverse engineering), normalisasi 1NF, clustering, pencarian functional dependency, normalisasi 2NF, 3NF, dan BCNF berdasarkan data yang ada, kemudian mengembalikan logical data model tersebut ke physical database (forward engineering). Hasil reengineering akan disimpan dalam Microsoft Access. Proses pencarian functional dependency dilakukan dengan menggunakan teknik data mining Multi-dimensional Association Rules dan Cluster Analysis. Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat me-reengineer relational database secara otomatis dan dapat menghasilkan desain relational database yang tidak lagi mengandung data redundancy dan datanya konsisten.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: reengineering relational database, data mining, multi-dimensional, association rules, cluster analysis, normalization
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:13
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item