Logo

Analisa penerapan food cost control process dengan CVP analysis guna mengoptimalkan profit di Golden Restaurant Kediri

, Ivonne and Tritanto, Irma Ariyani (2006) Analisa penerapan food cost control process dengan CVP analysis guna mengoptimalkan profit di Golden Restaurant Kediri. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Golden Restaurant adalah salah satu restoran yang terkenal di Kediri. Penulis membahas menu best seller yang memegang proporsi food cost terbesar yaitu rata-rata 62% selama bulan Mei - Oktober 2005 dan food cost ini cenderung jauh lebih tinggi diatas rata-rata yang diperkirakan oleh pemilik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penerapan food cost control process yang terdiri dari purchasing, receiving, storing, issuing, preparing (food production control on portion dan on quantity) dan selling. Melalui penerapan food cost control process yang optimal untuk menu best seller diharapkan dapat menurunkan food cost tanpa mengabaikan kualitas dan kuantitas menu yang dihasilkan, perhitungan CVP analysis dan penetapan selling prices yang telah disesuaikan guna mengoptimalkan profit. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif, melalui studi kepustakaan, wawancara dan observasi secara langsung dalam memperoleh dan mengumpulkan data. Setelah melakukan observasi, penulis mengambil kesimpulan bahwa salah satu penyebab tingginya food cost karena belum optimalnya food cost control process dan penetapan harga jual yang tidak sesuai dengan perhitungan food cost. Hal ini menyebabkan Golden Restaurant tidak dapat mengoptimalkan profit yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: food cost control process, control cycle, food cost, standard recipe, standard portion cost, standard portion sizes, selling prices, cvp analysis
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 10:39
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10506

Actions (login required)

View Item