Logo

Pengaruh pengumuman dividen terhadap perubahan harga saham sebelum dan sesudah ex-dividend date di bursa efek Jakarta (BEJ)

Siaputra, Lani (2006) Pengaruh pengumuman dividen terhadap perubahan harga saham sebelum dan sesudah ex-dividend date di bursa efek Jakarta (BEJ). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengumuman ex-dividend date di Bursa Efek Jakarta, dengan mengambil sampel 24 saham. Periode penelitian selama 31 hari yaitu 15 hari sebelum dan sesudah ex-dividend date. Metode yang digunakan adalah event study yang akan mengamati pergerakan harga saham di pasar modal. Untuk menguji adanya perubahan harga dilakukan analisa uji beda dua rata-rata berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata harga saham sebelum ex-dividend date dan rata-rata harga saham sesudah ex-dividend date berbeda signifikan. Hal ini berarti bahwa terdapat perubahan harga saham sebelum dan sesudah ex-dividend date dengan adanya pengumuman dividen, dan harga saham berubah sebesar nilai dividen per lembar saham yang dibagikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: dividend, ex-dividend date, dividend per share, closing price, stock price
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 14:04
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item