Logo

Aplikasi geometrical analytic hierarchy process untuk pemilihan school assistant coordinator pada sekolah bahasa Inggris "XX" di Surabaya

, Yonanto (2001) Aplikasi geometrical analytic hierarchy process untuk pemilihan school assistant coordinator pada sekolah bahasa Inggris "XX" di Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

AHP sebagai, sarana untuk pengambilan keputusan yang bersifat multikriteria, telah menjadi perbincangan bagi banyak kalangan pendidikan maupun kalangan praktisi. Dari pengambil keputusan yang bersifat perorangan, AHP telah berkembang menjadi pengambil keputusan yang lebih dari satu, yang diperkenalkan oleh Forman dan Peniwati (1 996) sebagai AIJ (Aggregating Individual Judgement). Namun demikian Ramanathan dan Ganesh telah mendemonstrasikan bahwa metode tersebut bisa mengakibatkan terabaikannya kondisi pengoptimalan Pareto. Sajjad Zahir, dalam jurnalnya (1999) memperkenalkan perluasan AHP dalam ruang vektor euklidius, serta mengembangkan formula aggregasi dari preferensi alternatif dan preferensi kriteria. Selain itu Sajjad Zahir juga menggunakan suatu agregasi antara pengambil keputusan yang satu dengan yang lain, tanpa mengabaikan kondisi Pareto tersebut, dengan menggunakan penjumlahan vektor sederhana. Dalam penelitian ini, metode yang diperkenalkan oleh Sajjad Zahir tersebut, diterapkan dalam suatu pemilihan School Assistant Coordinator dalam suatu sekolah Bahasa Inggris, yang berada di Surabaya. Untuk mempermudah penerapan, dalam penelitian ini dibuat suatu program dengan menggunakan software Matlab. Hasil dari penelitian ini antara lain adalah terpilihnya calon School Assistant Coordinator 1 dengan bobot terbesar yaitu 0.6473, dengan derajat perbedaan pengambil keputusan 1 dan 2, yaitu a = 4.59 ?. Perhitungan derajat perbedaan seorang pengambil keputusan dari grup, kurang mempunyai arti untuk pengambil keputusan kurang dari 3.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: total quality management, geometrical analytic hierarchy process, school assistant
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 13:59
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10596

Actions (login required)

View Item