Logo

Desain partisipasi pada unsur-unsur fisik ruang kelas anak berkebutuhan khusus (studi kasus TK B Galuh Handayani)

Handojo, Stefanny Theo (2006) Desain partisipasi pada unsur-unsur fisik ruang kelas anak berkebutuhan khusus (studi kasus TK B Galuh Handayani). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desain Partisipasi adalah suatu teori desain yang dipelopori oleh Victor Papanek dan memiliki arti bahwa para desainer juga dituntut mempertimbangkan perilaku sosial sebagai titik-tolak hubungan partisipasi civitas dalam proses desain. Hal ini akan menjadi keputusan utama dalam desain yang diciptakannya. Apabila dikaitkan dengan kondisi anak di TK B Galuh Handayani yang memiliki kebutuhan khusus maka desain partisipasi merupakan pendekatan kajian sejauh mana perwujudan interiornya telah mempertimbangkan aktivitas pengguna. Desain diharapkan mempertimbangkan aktivitas guru dan anak, maka dalam pembahasan desain partisipasi pada unsur-unsur fisik ruang kelas TK B Galuh Handayani anak berkebutuhan khusus akan menjadi tolok ukur dari perwujudan obyek penelitian yang terkait dengan kegiatan menari, bermain dan ruang kelas khusus sebagai tempat pemberian materi pendidikan formal. Proses analisis akan dicari sejauh mana unsur fisik ruang kelas tersebut telah pertimbangkan tuntutan anak dan guru secara deskripsi dengan dibandingkan dengan tuntutan analisis. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa perwujudan unsur-unsur fisik ruang kelas TK B Galuh Handayani telah mempertimbangkan kedua civitas dengan prioritas tertentu. Penataan lay out serta perwujudan perabot ruang kelas TK B Galuh Handayani telah mempertimbangkan kedua civitas secara optimal akan tetapi perwujudan elemen pembentuk ruang belum sepenuhnya memepertimbangkan kondisi anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: participational design, physical elements, classroom, teacher, pupils activitiy
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 11:13
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item