Logo

Pengaruh kurikulum terhadap perancangan interior ruang kelas taman kanak-kanak tingkat B di "IPH Plus" Surabaya

Sungkono, Febe (2006) Pengaruh kurikulum terhadap perancangan interior ruang kelas taman kanak-kanak tingkat B di "IPH Plus" Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPH (Intan Permata Hati) adalah sekolah nasional plus yang berbasis Kristen dan berstandar internasional, kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum gabungan dari kurikulum Indonesia, Inggris dan Mandarin. Pengaplikasian kurikulum tersebut dicerminkan dalam berbagai materi pelajaran sebagai proses belajar mengajar dalam ruang kelas yang berlangsung selama 5 kali dalam 1 minggu, sedangkan setiap harinya berlangsung selama 4 jam 15 menit dengan istirahat dalam kelas selama 20 menit. Akhirnya ruang kelas difungsikan untuk berbagai materi pelajaran yang memiliki kebutuhan dan tuntutan yang berbeda sehingga ruang kelas dituntut menjadi multi fungsi. Permasalahan yang timbul adalah apakah berbagai penataan pola ruang yang terjadi pada 1 ruang kelas memenuhi tuntutan kurikulum IPH serta apakah perwujudan unsur-unsur fisik ruang dan fasilitasnya juga dapat menjadi sarana yang multi fungsi. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, baik dari lapangan maupun dari literatur yang keduanya akan dianalisis secara deskriptif komparatif tentang obyek-obyek di atas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ruang kelas telah memenuhi tuntutan multifungsi dilihat dari penataan pola ruang, elemen pembentuk ruang maupun fasilitas ruang sesuai dengan tujuan kurikulum IPH Plus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: multi function, physical, form, class room, interior
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 11:05
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item