Logo

Perancangan komunikasi visual buku tentang permainan tradisional anak-anak dari Jawa Tengah beserta media pendukungnya

Sutopo, Alvin Raditya (2004) Perancangan komunikasi visual buku tentang permainan tradisional anak-anak dari Jawa Tengah beserta media pendukungnya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring berjalannya waktu, banyak budaya tradisional Indonesia yang memudar dan lenyap. Salah satunya adalah permainan tradisional anak-anak Jawa Tengah yang mulai dilupakan, semenjak berkembangnya permainan modern seperti video games. Tujuan perancangan adalah menciptakan media preservasi dan publikasi agar permainan tradisional ini terjaga keberadaannya. Permainan tersebut meliputi dakon, bekel, gundu, layang-layang, gambar umbul, dan gasing. Dikemas dalam enam serial yang mengupas sejarah hingga peraturan permainan. Produk dikemas dalam bahasa Inggris karena juga membidik pasar warganegara asing. Penggunaan gaya layout wide space yang modern dan sederhana bertujuan untuk menggabungkan unsur tradisional dalam tampilan visual modern yang menarik dan komersial. Sebagai nilai tambah, buku dilengkapi pula dengan interaktif CD sebagai media pendukung, kartu pos, pembatas buku, dan juga kemasan khusus. beberapa media point of purchase juga direncanakan untuk mendukung penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: commercial, graphic design, poster, communication, visual design, traditional, children, game
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 08:26
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item