Logo

Perancangan iklan layanan masyarakat pemberdayaan penderita down syndrome

Lobion, Srikandi (2008) Perancangan iklan layanan masyarakat pemberdayaan penderita down syndrome. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tidak semua anak yang dilahirkan di dunia ini sempurna atau normal, anak-anak yang menderita kecacatan atau kekurangan baik fisik maupun mental seringkali mendapatkan perlakuan diskriminasi baik dari keluarga maupun lingkungan masyarakat. Salah satu jenis kasus keterbelakangan mental akibat kelainan kromosom yang paling sering terjadi adalah tuna grahita atau Down Syndrome. Iklan Layanan Masyarakat Pemberdayaan Penderita Down Syndrome ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya agar menghargai dan memberdayakan penderita Down Syndrome. Mengingat bahwa kasus Down Syndrome sudah bukan hal baru di Indonesia, namun belum pernah ada iklan yang menyuarakan kepedulian terhadap penderita Down Syndrome di Indonesia khususnya kota Surabaya sendiri. Media-media yang dianggap efektif antara lain billboard, koran, poster, brosur, kartu pos, stiker, kaos, website, dan sebagainya. Tema yang dipergunakan adalah himbauan untuk mencegah terjadinya Down Syndrome, namun di sisi lain memberi dukungan terhadap penderitanya. Iklan Layanan Masyarakat ini kebanyakan menampilkan foto-foto penderita Down Syndrome dan menggunakan pendekatan emosional karena diharapkan dapat menyentuh emosi target audience.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: design communication visual, public service, down syndrome empowerment, advertising, creative concept
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 19:04
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item