Logo

Studi karakteristik pengereman sepeda

Kurniawan, Hendrik (2005) Studi karakteristik pengereman sepeda. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermacam-macam kerangka sepeda pada saat ini membuat letak rem jadi berbeda tempatnya khususnya rem jepit. Karena rem tersebut terletak pada kerangka, maka akan menghasilkan efektifitas pengereman yang berbeda pula. Sehingga perlu adanya penelitian lebih dalam untuk mengetahui karakterisitik kemampuan sistem rem. Karakteristik yang dimaksud di atas adalah gaya tahan sepeda (P) dengan nilai tertinggi 4364gr untuk bergerak maju kondisi tidak terkunci (skid) sedangkan bergerak mundur nilai tertinggi 4830gr , sudut kerangka (f ) dan gaya pengereman normal (Fn) dengan nilai tertinggi 5798,03gr untuk bergerak maju dan mundur kondisi tidak terkunci. Untuk mengetahui karakteristik pengereman sepeda dapat dilakukan dengan pengkajian secara teoritik dan eksperimen baik dengan membuat model uji dan analisa. Dengan perancangan ini diharapkan dapat membuat kerangka sepeda dengan efek pengereman yang terbaik. Untuk pengujian yang bergerak maju dan mundur yang memberikan efektifitas yang paling baik adalah pada sudut kerangka (f ) 70 derajad .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: frame, effectivity, bicycle, brakes
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 28 Mar 2011 17:07
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item