Logo

Rekonstruksi Obyek 3D dari Gambar 2D dengan Metode Generalized Voxel Coloring

Rudy, Adipranata and Resmana, Lim and Anton, Setiawan (2006) Rekonstruksi Obyek 3D dari Gambar 2D dengan Metode Generalized Voxel Coloring. In: Seminar Nasional Komputasi & Sistem Intelejen (KOMMIT 2006), 23-24 August 2006, Jakarta.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (141Kb) | Preview

    Abstract

    Pada saat ini hampir semua game, animasi dan iklan sudah berbasis 3D, sehingga diperlukan suatu perangkat lunak yang mampu membuat obyek 3D dengan cepat dan mudah. Perangkat lunak yang ada sekarang adalah perangkat lunak untuk mendesain obyek 3D yang dilakukan oleh manusia, yang menghasilkan obyek tidak bersifat photorealistic. Pada penelitian ini dibuat sebuah perangkat lunak untuk merekonstruksi obyek dalam tiga dimensi yang berasal dari kumpulan gambar dua dimensi secara photorealistic dengan menggunakan metode Generalized Voxel Coloring. Metode ini melakukan rekonstruksi obyek dengan bantuan item-buffer untuk mencari voxel-voxel yang berkoresponden berdasarkan warna. Dari kumpulan voxel yang saling berkoresponden tersebut kemudian dihitung standar deviasi warna kumpulan tersebut, apabila standar deviasi warna-warna tersebut kecil maka dapat diasumsikan voxel tersebut adalah obyek. Proses dilakukan secara berulang untuk semua voxel hingga didapatkan semua voxel yang membentuk obyek 3D. Hasil dari proses rekonstruksi dapat membentuk obyek 3D yang secara visual dapat dilihat cukup baik, tetapi keakuratan obyek hasil terhadap obyek asli tergantung dari keakuratan proses kalibrasi kamera.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: rekonstruksi 3D, computer vision
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Resmana Lim
    Date Deposited: 03 Mar 2012 19:42
    Last Modified: 22 Jul 2019 11:20
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15288

    Actions (login required)

    View Item