Logo

Pendekatan Strategi Green Marketing dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (studi kasus ‘Surabaya Green and Clean’ yang dilakukan PT.Unilever Indonesia,Tbk)

Diah Dharmayanti, Diah (2011) Pendekatan Strategi Green Marketing dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (studi kasus ‘Surabaya Green and Clean’ yang dilakukan PT.Unilever Indonesia,Tbk). Prosiding SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN HIDUP. pp. 58-66. ISSN 978-979-18106-4-7

[img] PDF (Pendekatan Strategi Green Marketing dalam Meningkatkan Citra Perusahaan) - Published Version
Restricted to Registered users only until 04 July 2020.

Download (186Kb)

    Abstract

    „Green Marketing‟ merupakan sebuah pendekatan strategi yang mampu memperkuat positioning perusahaan dan produknya di tengah masyarakat. Dalam hal ini perusahaan bisa memilih dua alternatif perspektif „Green Marketing‟ yang akan digunakannya. Pertama perusahaan mengkomunikasikan kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup kepada konsumen dan masyarakat sebagai alat pemasaran. Kedua perusahaan bertanggung jawab pada lingkungan hidup tanpa mempromosikannya. Salah satu perusahaan yang telah mengaplikasikan strategi Green Marketing melalui program Corporate Social Responsibility ‟Green and Clean Surabaya‟ adalah PT Unilever Indonesia,Tbk. Tujuan tulisan ilmiah ini adalah untuk melihat bagaimana hubungan antara program „Green and Clean Surabaya‟ dengan Citra yang terbentuk pada PT Unilever Indonesia,Tbk. Tulisan ilmiah ini menggunakan contoh kasus pada program „Green and Clean” PT Unilever Indonesia Tbk, dengan desain penelitian deskriptif, dan menggunakan non probability sampling serta tehnik purposive pada 20 kampung di Surabaya yang telah mendapatkan treatment program „ Green and Clean‟ tersebut. Alat analisa yang dipakai adalah analisis korelasi dengan cara mengkorelasikan rata-rata jawaban responden pada variabel Green Marketing dengan variabel Citra Perusahaan. Hasil analisis yang didapat adalah terdapat hubungan yang signifikan antara aktifitas Green Marketing melalui program „Green and Clean‟ dengan citra perusahaan PT.Unilever Indonesia Tbk, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai Green Marketing , maka semakin tinggi pula Citra Perusahaan. Key Word : Green Marketing, Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Faculty of Economic > Marketing Management Program
    Depositing User: Diah Dharmayanti
    Date Deposited: 11 Apr 2013 10:14
    Last Modified: 11 Apr 2013 10:14
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15498

    Actions (login required)

    View Item