Logo

Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Process Costing Pada Peternakan Ayam Petelur Lawu Farm

Handojo, Andreas and Purnama, Christian and Magdalena, - (2012) Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Process Costing Pada Peternakan Ayam Petelur Lawu Farm. In: semantik 2012, Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (435Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu informasi yang penting dalam sebuah perusahaan adalah informasi harga pokok produksi (HPP) dalam menghasilkan barang yang akan dijual, sehingga perusahaan mengetahui ongkos produksi dan keuntungan yang didapatkan. Peternakan ayam petelur lawu farm saat ini telah melakukan perhitungan HPP secara manual dengan melakukan perhitungan secara keseluruhan kasar biaya pakan dan obat yang dikeluarkan secara keseluruhan dalam satu peternakan pada bulan tertentu, hal tersebut cukup menyulitkan untuk mengetahui HPP dan proses penelusuran arus biaya yang dikeluarkan per kandang dan per batch pengadaan ayam. Selain itu, karena proses dilakukan secara manual maka proses pencatatan dan perhitungan membutuhkan waktu yang cukup lama dan terjadi kesulitan menganalisa keuntungan yang didapatkan dari penjualan telur ayam yang ada. Oleh sebab itu, maka pada penelitian ini dibuatlah sebuah aplikasi perhitungan HPP yang memiliki kemampuan mencatat proses pembelian ayam remaja, proses pemberian pakan dan obat, pembayaran hutang piutang, perhitungan biaya penyusutan, proses perhitungan HPP dan proses penjualan telur. Adapun proses pembuatan aplikasi menggunakan Visual Studio .Net 2005 dan SQL Server. Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang telah dibuat yaitu sistem mampu melakukan pencatatan pemakaian pakan dan obat sesuai dengan pemakaian per-hari per-kandang sehingga mampu menghasilkan laporan-laporan yang berkaitan dengan perhitungan HPP telur ayam. Berdasarkan pengujian terhadap penggunaan oleh user melalui kuesioner, 80% user berpendapat bahwa sistem telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan cukup akurat dalam menghasilkan informasi HPP. Sehingga dapat disimpulkan aplikasi yang dibuat telah mampu menjawab kebutuhan perusahaan dalam melakukan proses perhitungan HPP.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Andreas Handojo
    Date Deposited: 11 Feb 2013 10:13
    Last Modified: 11 Feb 2013 10:13
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15696

    Actions (login required)

    View Item