Logo

Analisa pengaruh parental style terhadap "consumer socialization" mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya angkatan 1998-2000

Ekawaty, Christine (2003) Analisa pengaruh parental style terhadap "consumer socialization" mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya angkatan 1998-2000. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada berbagai cara yang ditempuh orangtua untuk mendidik dan mengajar anak-anaknya, termasuk sosialisasi konsumen anak-anaknya. Orangtua authoritarian selalu menuntut kepatuhan, sebaliknya orangtua yang permissive menghargai kebebasan pendapat anaknya, sedangkan tipe authoritative memberikan kebebasan, dengan tetap memberikan batasan-batasan tertentu dalam mengasuh dan mendidik anaknya. Consumer socialization itu sendiri merupakan proses sosial seorang anak memperoleh berbagai kemampuan, pengetahuan dan sikap berkaitan dengan perannya sebagai konsumen di masyarakat. Berbagai parental style tersebut memiliki pengaruh yang berbeda terhadap consumer socialization mahasiswa Universitas Kristen PETRA Angkatan 1998-2000. Secara parsial, authoritarian style memiliki pengaruh terbesar terhadap consumer socialization dengan nilai korelasi (r) sebesar 0.270, disusul dengan permissive style dengan r = 0. 113. Sedangkan r = - 0.087 dengan p = 0.085 menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara authoritarian style terhadap consumer socialization. Sebesar 7.798% consumer socialization mahasiswa dipengaruhi oleh parental style, sedangkan sisanya ( 92.902% ) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar parental style, misalnya faktor lingkungan, budaya setempat, teman sebaya, tokoh idola, serta faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: parental style, authoritarian style, permissive style, authoritative style, consumer socialization
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:32
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item