Logo

UJI KOMPARASI BIODISEL BERBASIS LIMBAH MINYAK GORENG DENGAN BIOSOLAR DAN SOLAR BERSUBSIDI PADA MOTOR DISEL SISTIM INJEKSI LANGSUNG

Tedjasaputra, Philip Kristanto (2013) UJI KOMPARASI BIODISEL BERBASIS LIMBAH MINYAK GORENG DENGAN BIOSOLAR DAN SOLAR BERSUBSIDI PADA MOTOR DISEL SISTIM INJEKSI LANGSUNG. In: SNTM-8, 20-06-2013 - 20-06-2013, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (16Kb)

    Abstract

    minyak goreng berpotensi sebagai polutan jika dibuang ke lingkungan. Melalui proses re-use produk berupa limbah ini juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi suatu bentuk energi terperbaharui yang disebut dengan bio-disel melalui proses transesterifikasi. Dalam penelitian ini akan dilakukan studi perbandingan antara biodisel berbasis limbah minyak goreng (mengandung 5, 10 dan 15 yang telah dibentuk menjadi Fatty Acid Methyl Ester, FAME dengan solar muni) dengan biosolar (produk Pertamina) dan bahan bakar solar ringan (untuk kendaraan bermotor disel). Hasil penelitian melalui pengujian kinerja motor dengan dinamometer menunjukkan bahwa biodisel berbasis limbah minyak goreng sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan bakar dan mampu berkompetisi dengan bahan bakar disel bersubsidi yang lain.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: Sudah dipublikasi di proseeding
    Uncontrolled Keywords: limbah minyak goreng, biodisel
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 01 Jul 2013 17:57
    Last Modified: 22 Jul 2019 10:21
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16111

    Actions (login required)

    View Item