Logo

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KECERDASAN EMOSIONAL PEMIMPIN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Efendi, Verisa and Sutanto, Eddy Madiono PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KECERDASAN EMOSIONAL PEMIMPIN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA. AGORA.

[img]
Preview
PDF
Download (450Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh self awareness, self regulation, self motivation, social awareness, dan social skills terhadap komitmen organisasional karyawan di lingkungan Universitas Kristen Petra. Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kecerdasan emosional untuk seorang pemimpin sehingga diidentifikasikan memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel penelitian ini adalah emotional intelligence pemimpin (self awareness, self regulation, self motivation, social awareness, dan social skills) dan komitmen organisasional karyawan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 175 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Temuan dalam penelitian ini mengidentifikasikan bahwa self regulation, self motivation, dan social skills pemimpin berpengaruh terhadap komitmen organisasional karyawan, sedangkan self awareness dan social awareness tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional karyawan. Secara umum, kecerdasan emosional pemimpin memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasional karyawan.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Eddy Madiono Sutanto
    Date Deposited: 28 Oct 2013 12:49
    Last Modified: 28 Oct 2013 12:49
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16254

    Actions (login required)

    View Item