Logo

SUSTAINABLE PRODUCT DEVELOPMENT FOR SHIP DESIGN USING FINITE ELEMENT APLICATION AND PUGH’S CONCEPT SELECTION METHOD Case study: Deciding the Optimum Ship Bow Design

Anggono, Willyanto and Gafaruddin, La Ode M. (2013) SUSTAINABLE PRODUCT DEVELOPMENT FOR SHIP DESIGN USING FINITE ELEMENT APLICATION AND PUGH’S CONCEPT SELECTION METHOD Case study: Deciding the Optimum Ship Bow Design. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 8, 20-06-2013 - , Surabaya - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (4027Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (107Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (664Kb) | Preview

        Abstract

        Haluan kapal (ship bow) adalah bagian terdepan kapal yang sangat penting dikarenakan haluan kapal adalah bagian yang mendapat beban gelombang air laut terdepan dan terbesar sehingga haluan kapal merupakan bagian yang paling fatal dalam hal dampak kerusakan. Kerusakan pada haluan kapal disebabkan karena gelombang air laut yang menghantam haluan kapal akan mengakibatkan tegangan dan deformasi pada material haluan kapal. Pada penelitian ini dilakukan analisa pengaruh bentuk haluan kapal untuk menentukan desain optimum haluan kapal berdasar analisa tegangan dan deformasi yang terjadi pada haluan kapal dengan pembebanan yang konstan. Penentuan tegangan dan deformasi untuk menetukan desain optimum haluan kapal dilakukan dengan Finite Element Application (ANSYS Software) dan Pugh’s concept selection. Penggunaan Finite Element Application (ANSYS Software) dan Pugh’s concept selection dalam menentukan desain haluan kapal adalah cara yang sesuai dengan prinsip-prinsip sustainable product development yang sangat menghemat waktu, biaya, material dan tenaga manusia serta meninggalkan cara trial and error dalam melakukan engineering design. Berdasar penelitian dengan Finite Element Application (ANSYS Software) pada pembebanan yang sama (1000 N untuk drag force dan 800 N untuk lift force) pada berbagai variasi haluan kapal didapatkan nilai tegangan maksimum dan deformasi maksimum yang terkecil yang terjadi pada berbagai tipe haluan kapal adalah terjadi pada tipe raked bow dengan nilai masing-masing adalah 297330 Pa untuk tegangan maksimum dan 0,09203 mm untuk deformasi maksimum. Berdasar hasil penelitian dengan Finite Element Application (ANSYS Software) dan Pugh’s concept selection dalam menentukan desain haluan kapal didapatkan bahwa tipe haluan yang paling optimum adalah tipe raked bow.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Sustainable product development, Finite element application, Pugh’s concept selection, Haluan kapal.
        Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
        Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 17 Jun 2013 22:03
        Last Modified: 22 Jul 2019 10:39
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16329

        Actions (login required)

        View Item