Logo

studi numerik reduksi separasi aliran 3D melalui penambahan BRT

Mirmanto, Heru and Sutrisno, and Sasongko, Herman (2012) studi numerik reduksi separasi aliran 3D melalui penambahan BRT. In: Seimnar Nasional Fisika Terapan III (SNAFT III), 15-09-2012 - 15-09-2012, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (1252Kb)

    Abstract

    Separasi aliran 3-D merupakan suatu bentuk kerugian energi aliran di daerah junction yang tidak dapat dihindarkan. Kondisi ini dapat dijumpai pada interaksi wing dengan fuselage pada pesawat terbang atau interaksi blade dengan hub pada famili mesin-mesin turbo, dll. Separasi aliran ini menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran (kerugian energi). Oleh karena itu perlu upaya mereduksi kerugian akibat separasi aliran 3D di daerah endwall junction. Penelitian ini dilakukan secara numerik untuk mengkaji perbandingan karakteristik aliran di daerah interaksi endwall junction asimetri airfoil Bristish 9C7/32.5C50 akibat penggunaan Bluff Rectangular Turbulator (BRT) dan tanpa BRT. Simulasi numerik menggunakan perangkat lunak Fluent 6.3.26, model viscous Skï¥ï€ dengan kondisi Re = 105 . Dimensi BRT (d/C=4/10), Jarak Turbulator dengan Bodi (Ld/C = 2/3), Jarak turbulator dengan inlet flow (d/Lu=0.075). Variasi angle of attack α = 4° dan 8°. Kaji kualitatif dilakukan terhadap visualisasi kontur kecepatan, streamline di sekeliling bodi, serta Isototal pressure loss coefficient didaerah downstream. Sedangkan kaji kuantitatif dilakukan terhadap nilai surface integral di daerah outflow. Penggunaan Bluff Rectangular Turbulator membuat aliran lebih turbulent, dimana energi yang dimiliki lebih besar. Sehingga aliran ini lebih mampu mengatasi adverse pressure gradient. Akibatnya posisi forward saddle point lebih mendekati leading edge bila dibanding tanpa turbulator. Hal ini akan mempersempit luasan corner wake yang terjadi di blade upper surface, dengan demikian blockage aliran dapat direduksi. Kondisi ini dibuktikan pada angle of attack 4°,8° penggunaan BRT dapat mereduksi Isototal pressure loss coefficient sebesar 56, 41.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: secondary flow, separation, vortex, bubble separation, airfoils, turbulent
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 25 Oct 2012 19:40
    Last Modified: 10 Sep 2013 16:02
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16350

    Actions (login required)

    View Item