Logo

ONLINE IMPRESSION MANAGEMENT DALAM FACEBOOK CAPRES RI PEMILU 2014 (Comparative Content Analysis Pada Isi Facebook Wiranto, Prabowo, Hatta Rajasa dan Aburizal Bakrie)

Luhukay, Marsefio Sevyone (2013) ONLINE IMPRESSION MANAGEMENT DALAM FACEBOOK CAPRES RI PEMILU 2014 (Comparative Content Analysis Pada Isi Facebook Wiranto, Prabowo, Hatta Rajasa dan Aburizal Bakrie). In: SEMINAR NASIONAL ASPIKOM dan UNIVERSITAS MERCUBUANA 2013, 18-06-2013 - 24-06-2013, BATAM - INDONESIA.

[img] PDF
Download (773Kb)

    Abstract

    Pendahuluan “Becoming an excellent communicator means more than just learning how to get results. It means growing as a person, appreciating the values that underlie good communication, developing the skills and character traits that naturally emerge from serious engagement in the practice of communication, and thereby contributing to the cultivation of those communication-based values, skills, and traits in society.” (Craig, 2006, p. 44) Kemunculan Media Jejaring Sosial sebagai media baru telah mengubah dunia politik. Sebagai media baru, banyak peran penting yang dapat dilakukan untuk politisi terutama para calon presiden, yang akan berjuang dalam Pemilu 9 April 2014. Tujuannya sebagai salah satu sarana kampanye mereka. Melalui media jejaring social, para politisi dapat berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya para followers atau friends atau fans. Apapun yang diinginkan Calon Presiden dapat mereka tulis untuk selanjutnya disebarkan, seperti misalnya kinerja mereka, kinerja partai yang mengusung, bencana alam, kepentingan politik, dan lain sebagainya. Penetrasi media baru ini dapat tersebar luas kepada semua orang diseluruh penjuru dunia. Pemberitaannya bahkan mengalahkan kecepatan media informasi yang lain. Hal ini dapat menimbulkan peluang yang baru dari Public Relations yang bersinergi dengan politik, menghasilkan kegiatan Politik PR menyasar semua elemen usia. Dibandingkan dengan pencitraan konvensional yang dilakukan politisi di media massa seperti televisi, radio, dan koran yang penetrasinya dirasakan melambat. Penelitian ini mengangkat topic yang terkait dengan Public Relations Politik. Penelitian dilakukan pada para calon Presiden RI Pemilu 2014 yakni, Prabowo dari Partai Gerindra, AbuRizal Bakri dari Golkar, Wiranto dari Hanura dan Hatta Rajasa dari PAN. Penelitian ini menggunakanmetode analisis isi kuantitatif untuk melihat Managing Impressions Online yang dilakukan melalui 5 Indikator yakni: Self presentation tactic, Secondary Goal, Self Monitoring, Machiavellianism dam Afinity Seeking dalam akun jejaring social yang dimiliki oleh para Calon Presiden, selama bulan Bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2014. Kata Kunci : Political Public Relations, Online Impression Management, Comparative Content Analysis, Facebook, Capres 2014

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: Makalah dipresentasikan
    Uncontrolled Keywords: Political Public Relations, Online Impression Management, Comparative Content Analysis, Facebook, Capres 2014
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 19 Sep 2014 01:45
    Last Modified: 19 Sep 2014 01:45
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16704

    Actions (login required)

    View Item