Logo

PEREMPUAN DAN CITRANYA (ANALISIS SEMIOTIK PEMAKNAAN CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN GARNIER, VASELINE, REXONA dan GIV )

Sahetapy, Wilma Laura and Luhukay, Marsefio Sevyone PEREMPUAN DAN CITRANYA (ANALISIS SEMIOTIK PEMAKNAAN CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN GARNIER, VASELINE, REXONA dan GIV ). UK Petra.

[img]
Preview
PDF
Download (181Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini masyarakat (khususnya perempuan) dibanjiri bermacam iklan produk yang hadir melalui televisi, radio, media online,maupun media lainnya. Bermacam produk saling berlomba dalam melakukan penetrasi ruang bawah sadar kaum hawa dengan beragam trik persuasi,mulai dari yang menawarkan krim pemutih dan pencerah wajah, krim pelembut kulit, sabun mandi dengan berbagai aroma dan rasa, sampai dengan iklan shampo perawatan rambut dengan berbagai jenis terapi untuk mengatasi berbagai jenis permasalahan mengenai rambut. maupun produk-produk kecantikan merupakan produk-produk yang membanjiri iklan dengan menawarkan perubahan warna kulit, terstruktur, dan sebagainya itu membuat wanita (calon konsumen yang melihat iklan) menjadi tertarik untuk menggunakan produk tersebut. Iklan produk tersebut dengan bentuk penawaran yang sedemikian rupa memberikan pencitraan tersendiri dalam membentuk suatu frame dalam masyarakat. Konsep Andrew Wirnick dalam Ratna Noviani (2002:25) memberikan wacana mengenai pesan iklan yang efektif bagi para pengiklan dan kreator iklan melalui penyampaian sisi imagistic, yani simbolisasi suatu produk yang merupakan suatu cara untuk membantu khalayak dalam mengidentifikasi produk yang diinginkan dan dibutuhkan.

    Item Type: Book
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Faculty of Economic > Business Management Program
    Depositing User: Wilma Laura Sahetapy, S.S., M.Hum.
    Date Deposited: 23 Oct 2014 11:26
    Last Modified: 23 Oct 2014 11:26
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16744

    Actions (login required)

    View Item