Logo

PROTOTYPE SISTEM HEADLAMP DENGAN PERGERAKAN ADAPTIVE STEERING

Siahaan, Ian Hardianto and PRAYOGO, DAVID SETIAWAN (2014) PROTOTYPE SISTEM HEADLAMP DENGAN PERGERAKAN ADAPTIVE STEERING. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 9, 14-08-2014 - 14-08-2014, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (571Kb)

    Abstract

    Sistem penerangan pada sebuah kendaraan mempunyai peranan penting dalam hal kenyamanan maupun keselamatan berkendara. Pemerintah Indonesia sendiri telah mensosialisasikan pentingnya menyalakan lampu kendaraan pada siang hari untuk membantu pengendara lainnya untuk mengantisipasi keberadaan kendaraan tersebut terhadap kendaraan lainnya. Dari sisi fungsionalnya sebuah headlamp dari kendaraan harus berfungsi secara optimal untuk mengantispasi kedua hal tersebut. Pada kendaraan konvensial saat ini, keberadaan sistem headlampnya masih memiliki penerangan yang hanya mengarah ke depan saja, tetapi seiring dengan majunya teknologi maka terdapat banyak teknologi yang telah disediakan untuk menambah fungsi sebuah headlamp agar dapat mengikuti arah steer yang telah ditentukan. Peneliti mengembangkan prototype sebuah lampu yang bergerak secara adaptive dengan menggunakan servo sebagai penggeraknya. Dengan sistem memanfaatkan pergerakan sistem kemudi pada kendaraan tersebut sipengemudi dapat mengontrol gerakan adaptive headlamp kendaraan tersebut sesuai harapan dan keinginan rancangan, dimana dalam hal ini headlamp dapat bergerak sesuai dengan arah yang ditentukan melalui steering wheel, ini membuat pandangan pengendara semakin luas dan menjadi lebih focus.Servo motor yang digunakan pada penelitian ini memanfaatkan Hextronik HXT12K-Hi Torque Large Servo pada kondisi maksimum 6.0 V sebesar 14.98 kg-cm. Regulator adaptor diinterface untuk menurunkan tegangan DC 12 Volt oleh karena servo motor dalam hal ini hanya mampu menerima tegangan maksimumnya sesuai spesifikasi yang telah disebutkan. Microcontoller yang digunakan dalam hal ini merupakan sebuah hardware yang diprogram untuk dapat menggerakkan servo motor tersebut yang mendapat input dari sensor steering angle dalam hal ini potensio linier yang digunakan sebagai drivernya. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan bahwa setiap 120 derajat dari putaran steer maka headlamp akan berbelok 5 derajat dari sudut normal yaitu 0 derajat. Dan pada putaran maximal maka servo juga akan berbelok secara maximal. Disebabkan karena pada realita steeingr dalam mobil menghasilkan 720 derajat untuk 2 putaran sehingga mikrocontroller disetting agar ketika steer berputar maksimal servo juga berbelok dengan maksimal.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Headlamp, Adaptive Steering,microcontroller, servomotor
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 15 Jul 2015 21:07
    Last Modified: 23 Jul 2015 17:01
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17104

    Actions (login required)

    View Item