Logo

Studi Keakuratan dan Kekonvergenan Metode Elemen Hingga Berbasis Kriging dan Konvensional

Tjong, Wong Foek and WIDJAJA, KRISTOFER and SOETANTO, RICHO MICHAEL (2016) Studi Keakuratan dan Kekonvergenan Metode Elemen Hingga Berbasis Kriging dan Konvensional. In: Seminar dan Pameran HAKI 2016, 23-09-2016 - 23-09-2016, Jakarta - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (3453Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (293Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (647Kb) | Preview
        Official URL: http://haki.or.id/

        Abstract

        Metode elemen hingga (MEH) saat ini merupakan metode numerik yang digunakan secara luas dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan. Sebagai alternatif MEH konvensional, akhir-akhir ini terdapat usulan MEH jenis baru yang dinamakan metode elemen hingga berbasis Kriging (MEH-K). Dengan MEH-K, seorang analis struktur dapat menggunakan mesh yang tersusun dari elemen yang paling sederhana, yaitu elemen segitiga tiga node, namun tetap dapat memperoleh hasil yang akurat dan halus distribusi gradiennya. Dalam makalah ini disajikan studi keakuratan dan kekonvergenan metode baru ini dibandingkan dengan MEH konvensional. Studi dilakukan dalam konteks masalah linier-elastik tegangan bidang. Elemen yang ditinjau adalah elemen segitiga dengan basis polinom linier, kuadratik, dan kubik. Studi dilakukan secara numerik dengan melakukan pengujian pada dua masalah, yaitu balok kantilever dan pelat siku yang memiliki titik singularitas tegangan. Ukuran yang dipakai dalam menilai keakuratan dan kekonvergenan adalah energi regangan struktur. Hasil studi menunjukkan bahwa untuk elemen dengan basis linier, keakuratan MEH-K lebih baik daripada MEH konvensional, namun untuk elemen kuadratik dan kubik, hasil-hasil MEH konvensional lebih baik daripada MEH-K.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Additional Information: Website khusus tentang Seminar dan pameran HAKI 2016 tampaknya sudah tidak tersedia
        Uncontrolled Keywords: metode elemen hingga berbasis Kriging, elemen segitiga, basis polinom, tegangan bidang, kekonvergenan, singularitas tegangan
        Subjects: Q Science > QA Mathematics
        T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
        Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 07 Oct 2016 21:32
        Last Modified: 18 Jan 2019 05:59
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17467

        Actions (login required)

        View Item