Logo

Performa Brosur dan Situs Web Program Wisata Museum Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Museum

Febriani, Rika (2018) Performa Brosur dan Situs Web Program Wisata Museum Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Museum. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 17 (1). pp. 42-52. ISSN 0215-0905

[img] PDF
Download (537Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (117Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (640Kb) | Preview

        Abstract

        Museum di Indonesia menghadapi permasalahan kurangnya pengunjung. Di tahun 2007 Museum HoS didukung oleh Sampoerna untuk Indonesia menggagas program Wisata Museum sebagaiinisiatif membantu promosi museum-museum lain di Indonesia sebagai destinasi wisata.Program inimeng-gunakan media promosi berupa brosur pada periode 2008 – 2010 dan berubah ke format situs web di tahun 2010 hingga kini. Setiap media promosi destinasi wisata memiliki kelebihan dan kekurangan, maka perubahan format media pun akan membawa konsekuensi. Pembahasan ini hendak melihat bagaimana performa brosur dan situs web tersebut dalam mempromosikan museum-museum rekanan sebagai destinasi wisata. Penelitian ini bersifat kualitatifdeskriptif menggunakan metode studi kasus instrumental dengan harapan kelak menjadi acuan bagi promosi destinasi wisata museum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua media memenuhi kriteria media promosi destinasi wisata yang ideal. Konten akurat (pada saat informasi dicantumkan) dalam menampilkan fasilitas museum-museum sebagai destinasi wisata.Tampilan kedua media atraktif. Agar semakin optimal diperlukan pesan yang lebih kuatuntuk memotivasi wisata ke museum, yang mampu memerangi biaya psikologis calon pengunjung.Situs web perlu penambahan elemen interaktif dan audio visual agar makin atraktif, serta menambah tautan dengan situs-situs lain (dengan peminatan serupa), direktori, portal, atau situs web komunitas tertentu. Akan lebih baik jika ditunjang dengan promosi media-media melalui lain yang mampu menjangkau khalayak luas dan sesuai dengan kemajuan teknologi, seperti melalui media jejaring sosial dan aplikasi mobile.

        Item Type: Article
        Uncontrolled Keywords: Brosur, situs web, media promosi, Wisata Museum, destinasi wisata
        Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
        Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 07 Nov 2018 22:15
        Last Modified: 14 May 2019 11:10
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18014

        Actions (login required)

        View Item