Logo

Metode Pembelajaran Gotong Rotong Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar (Revisi)

Yoedo, Yuli Christiana (2011) Metode Pembelajaran Gotong Rotong Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar (Revisi). In: National Seminar on Soft Skill and Character Building,, 19-01-2011 - 19-01-2011, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (1148Kb)
    [img] PDF
    Download (3384Kb)
      Official URL: -

      Abstract

      Salah satu ciri khas bangsa Indonesiadan yang sebetulnya merupakan kekuatan yaitu adanya budaya gotong royong. Melestarikan budayagotong royong perlu dilakukan terus menerusdarisejak dini agar bangsa ini menjadi bangsa yang siap menghadapi tantangan globalisasi di depan mata. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah melalui pendidikan dasar dan melalui mata pelajaran bahasa Inggris yang mengasah ketrampilan berbahasa Inggris. Mengapa ketrampilan berbahasa Inggris? Karena dengan menguasai ketrampilan berbahasa tersebut, siswa akan lebih siap menghadapi globalisasi. Ada satu metode pembelajaran yangsesuai dengan kondisi bangsa kita tersebut, yaitu metode pembelajaran gotong royongyang menekankan pada kerjasama. Menariknya, siswa bukan hanya dapat berkembang dalam aspek kognitif saja tetapi juga dalam aspek afektif. Selain itu, metode ini perlu untuk diterapkan karena dapat mencegah tumbuhnya keterasingan dalam sistem individu dan keagresifan dalam sistem kompetisi tanpa mengorbankan aspek kognitif [Lie, 1999: 96]. Dengan demikian dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi globalisasi dengan cara yang tepat. Ada dua pertanyaan yang muncul. Pertama, bagaimana cara menerapkan metode pembelajaran gotong royong inisehingga dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar. Kedua,kegiatan belajar apa sajakahyang dapat dilakukan. Selain menjabarkan bagaimana cara memakai metode ini, penulis juga mendisain beberapa kegiatan belajar yang sesuai. Meskipun kegiatan tersebut belum pernah dilakukan, penulis berharap contoh kegiatan tersebut dapat mengilhami para rekan pengajardi sekolah dasar mendapatkan solusi untuk memecahkan persoalan yang berkaitan dengan keengganan siswa untuk berbahasa Inggris yang selama ini banyak dikeluhkan

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Uncontrolled Keywords: metode,gotong royong, ketrampilan,berbicara, sekolah dasar
      Subjects: L Education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 10 Nov 2019 07:20
      Last Modified: 14 Nov 2019 02:58
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/18492

      Actions (login required)

      View Item