Logo

Studi banding pengaruh profil insulator busi terhadap kinerja mesin bensin

Gunawan, Robert Effendy (2009) Studi banding pengaruh profil insulator busi terhadap kinerja mesin bensin. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada mesin bensin penggunaan jenis busi yang tepat sangat mempengaruhi performa mesin. Busi itu sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu busi panas, busi normal dan busi dingin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemakaian 3 jenis busi yang berbeda terhadap kinerja mesin bensin. Pada penelitian ini, busi yang digunakan adalah busi dengan merek DENSO yang terdiri dari W14EX-U (busi panas), W16EX-U (busi normal), dan W20EXR-U (busi dingin). Pengukuran tegangan sekunder dilakukan pada 3 jenis busi dengan menggunakan osiloskop. Pengukuran dilakukan pada 3 macam tingkat putaran mesin yaitu putaran 1000 rpm, 2000 rpm dan 3000 rpm. Pengujian unjuk kerja mesin bensin dilakukan untuk mendapatkan hasil berupa daya, torsi, BMEP (Brake Mean Effective Pressure), efisiensi termis, SFC (Specific Fuel Consumption) Dari pengukuran tegangan sekunder, hasil yang didapatkan dari busi normal terhadap busi panas memiliki perbedaan tegangan sekunder 47.5%, sedangkan dari hasil pengujian busi panas terhadap busi normal didapatkan peningkatan daya sebesar 8.1%, torsi 8.2%, BMEP 8.2%, efisiensi termis 7.6% dan penurunan SFC sebesar 5.4%

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: spark plug, secondary voltage, oscilloscope, engine performance
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 17:10
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/2436

Actions (login required)

View Item