Logo

Happy foods and beverages

Wirahono, David and Irawan, Shirley (2000) Happy foods and beverages. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

A. PRODUCT Rancangan Usaha ( Business Plan ) ini diberi nama Happy Food and Beverage karena bergerak di bidang usaha makanan diet untuk para penderita penyakit tertentu seperti: diabetes, kolesterol, jantung koroner, hipertensi , dan orang yang menjalankan diet untuk melangsingkan tubuh ( slimming ). Produk yang dihasilkan oleh Happy Food and Beverage adalah jenis makanan dan minuman yang rendah lemak (low fat), rendah garam, dan rendah gula ( sugar free ). Oleh karena itu Happy Food and Beverage menggunakan bahan-bahan pilihan seperti : pemanis menggunakan gula diet, susu rendah lemak (low fat), minyak goreng terbuat dari jagung, kedelai, minyak sayur ( minyak goreng non cholesterol). Selain itu untuk memberikan kualitas yang terbaik , Happy Food and Beverage mengolah dan menyediakan makanan dan minuman diet di bawah pengawasan Ahli gjzi dan memberikan pelayanan berupa konsultasi dokter gratis melalui telepon ( on call). Harga makanan dan minuman di Happy Food and Beverage cukup terjangkau oleh kalangan menengah dengan rata-rata harga jual antara Rp.5.000,- sampai Rp. 10.000,-. B. LOKASI USAHA Happy Food and Beverage mengambil lokasi usaha di Plaza Tunjungan III lantai 5 bagian Food Court yang merupakan lokasi tersendiri tempat berjualan makanan dan minuman. Alasan pemilihan lokasi usaha adalah : 1. Letaknya strategis Plaza Tunjungan terletak di tengah kota dan dekat dengan pusat bisnis. 2. Dekat dengan konsumen Plaza Tunjungan terletak di pusat kota Surabaya , sehingga mudah terjangkau oleh konsumen . Selain itu Plaza Tunjungan dikunjungi oleh banyak pengunjung dengan rata-rata pengunjung 75000 orang perhari. ( data dari lampiran). 3. Lokasi Plaza Tunjungan merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya , dan merupakan tempat yang aman, nyaman (full AC ) , dan bersih untuk berbelanja, jalan-jalan, maupun tempat untuk makan. C. TARGET MARKET Pasar sasaran dari Happy Food and Beverage adalah kalangan menengah , sedangkan sasaran konsumen Happy Food and Beverage adalah para penderita penyakit seperti: diabetes, kolesterol, jantung koroner, hipertensi, dan orang yang melakukan diet untuk melangsingkan tubuh ( slimming ). Konsumen dari Happy Food and Beverage diperkirakan berasal dari golongan usia 30 tahun ke atas , hal ini berdasarkan asumsi bahwa para penderita penyakit tersebut kebanyakan adalali orang-orang dewasa tua yang mudah terserang penyakit tersebut karena bertambahnya usia yang semakin tua. D. PEMASOK ( Supplier ) Untuk kebutuhan operasional sehari-hari Happy Food and Beverage melakukan pembelian bahan-bahan baku seperti: ayam, daging, bumbu masak, beras,dll di Pasar Pabean , sedangkan kebutuhan akan sayuran dan buah- buahan dibeli di Pasar Keputran dan kebutuhan lain seperti: tissue, sedotan, gelas plastik di Makro, Alfa pusat grosir. E. PESAING ( COMPETITOR ) Adapun usaha makanan diet yang sejenis seperti Happy Food and Beverage belum ada pesaingnya untuk produk yang sejenis, yang ada sebatas pesaing tidak langsung yaitu rumah-rumah makan vegetarian, karena ini merupakan usaha yang masih baru dan dapat dikatakan bahwa Happy Food and Beverage merupakan pendatang baru ( new entrants ) untuk usaha makanan diet siap saji. Sedangkan pesaing tidak langsung dari Happy Food and Beverage adalah usaha makanan lain yang berlokasi di Plaza Tunjungan I, II, dan III. F. MARKETING Happy Food and Beverage merupakan usaha baru yang bergerak di bidang makanan diet siap saji (fast food) , oleh sebab itu pemasaran yang dilakukan adalah pemasaran yang berorientasi kepada konsumen ( consumer oriented ) dengan sistem penjualan langsung (direct selling) ke konsumen secara satuan ( retail). G. PROMOTION Promosi penjualan yang dilakukan oleh Happy Food and Beverage adalah dengan melakukan penyebaran brosur ke lokasi perumahan , perkantoran , klinik-klinik pelangsingan (slimming center), pemasangan iklan koran dan iklan radio yang secara efektif langsung dapat dibaca dan didengar oleh masyarakat. H. PEND

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 10:29
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item