Logo

'Fashionister': strategic brand analysis

Prayugo, Fenny and Tjandra, Ilmeyda (2010) 'Fashionister': strategic brand analysis. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riset ini ditujukan untuk mengungkap sejauh mana sebuah merek Fashionister dapat diterima dengan baik oleh para target pasarnya. Penelitian analisa strategis merek ini dilakukan untuk mendukung pengujian konsep merek dalam kerangka analisa merek itu sendiri, citra merek, kekuatan merek, jiwa dari merek, elemen merek, dan karakteristik merek. Dalam penelitian kualititaf ini disajikan dengan menggunakan indepth interview ke 35 responden untuk meneliti kajian strategis dari merek yang dirancang, yaitu website Fashionister. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 responden terdapat 31 orang yang tertarik dan 4 orang yang tidak tertarik terhadap website Fashionister. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu brand image, strength, soul of the brand, brand element, dan brand personality. Image yang terdapat pada Fashionister yaitu website khusus untuk wanita umur 17-21 yang memiliki penawaran konten yang unik dibandingkan website lainnya seperti konten style shop, mini kontes dan masterpiece sehingga mampu mensejajarkan keunikannya dibandingkan dengan website yang lain. Kekuatan yang dimiliki website Fashionister yaitu adanya kekuatan emosional yang dirasakan oleh konsumen yakni adanya rasa bangga dan puas daripada kekuatan fungsional yang ada. Soul of the brand sudah tercapai dengan adanya konten-konten yang ada mampu memenuhi visi dan misi yang akan dicapai. Brand element dari website Fashionister sendiri yang paling dominan yakni adanya brand name yang menarik dengan font yang menampilkan sisi feminim, fashionable dan menengah ke atas, sehinggga para responden yakin dengan adanya brand promise yang ditawarkan. Brand personality yang paling dominan untuk website Fahionister sendiri yakni excitement karena memiliki ciri karakteristik yang paling sesuai seperti trendy/daring, muda, riang/spirited, unik/imajinatif, dan up to date. Hal ini dapat disimpulkan bahwa faktor brand image, strength, soul of the brand, brand element, dan brand personality mempunyai peranan yang penting dan saling berhubungan dalam mempengaruhi ketertarikan orang terhadap website Fashionister.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: brand, fashion, brand personality, brand element, website, dan strategic brand analysis
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 20:37
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item