Logo

Motif pengguna twitter di komunitas Jakarta Twitter User Group (JTUG)

P, Christopher Indra (2010) Motif pengguna twitter di komunitas Jakarta Twitter User Group (JTUG). Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teori Uses and Gratifications adalah teori yang menekankan kepada apa yang dilakukan khalayak terhadap media. Khalayak dianggap aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Motif adalah sebuah dorongan yang dicari seseorang dalam menggunakan media tertentu. Sejalan dengan itu, penelitian ini meneliti motif pengguna twitter di Jakarta sebagai salah satu kota di peringkat 13 dunia yang memiliki tingkat penggunaan twitter dengan cukup tinggi. Populasi penelitian ini adalah Jakarta Twitter User Group (JTUG) karena merupakan komunitas twitter pertama di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2006. Penelitian ini menggunakan dua kategori motif yaitu motif sosial dan motif informasi. Dengan menggunakan metode survai diperoleh temuan bahwa perbandingan motif sosial dengan motif informasi tidak terlalu signifikan, akan tetapi responden penelitian cenderung menggunakan twitter karena motif informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: uses and gratifications theory, motives, twitter, twitter community
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 20:09
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item