Logo

Penerimaan anak-anak perempuan usia pra sekolah terhadap konsep gender dalam serial kartun Dora the explorer

Indra, Sianly Oktavia (2010) Penerimaan anak-anak perempuan usia pra sekolah terhadap konsep gender dalam serial kartun Dora the explorer. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Serial kartun "Dora The Explorer" merupakan program anak-anak yang menampilkan suatu konsep gender yang berbeda dengan konsep gender tradisional dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan anak-anak perempuan usia pra sekolah 4-6 tahun terhadap konsep gender yang ada dalam serial kartun tersebut. Menggunakan metode analisis penerimaan, penelitian deskriptif kualitatif ini dapat memberikan gambaran yang beragam mengenai bagaimana para informan menerima konsep gender pada serial kartun ?Dora The Explorer ? terkait dengan latar belakang mereka masing-masing. Peneliti menemukan penerimaan yang berbeda-beda dari tiap informan mengenai aspek-aspek konsep gender dalam ?Dora The Explorer ?. Aspek gender yang ada yakni aspek fungsi dan peran, aspek kekuatan fisik, aspek ruang lingkup, aspek sifat,dan aspek aktivitas.Penerimaan masing-masing informan terhadap kelima aspek itu digolongkan ke dalam tipe referensial dan kritikal. Penerimaan informan tersebut dilatarbelakangi oleh peran gender yang dilakukan orang tua, pengajaran orang tua mengenai konsep gender, serta pengalaman sosialisasi bersama eman-teman informan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: reception, preschool girls, ender
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 17:40
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item