Logo

Simulasi proses korosi pada bahan radiator mobil dengan berbagai merk coolant

Kabes, Christine (2010) Simulasi proses korosi pada bahan radiator mobil dengan berbagai merk coolant. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Coolant dalam radiator mobil memiliki peran penting sebagai fluida yang digunakan untuk menyerap panas berlebih dari operasi mesin suatu kendaraan. Pemilihan coolant yang tidak tepat menyebabkan korosi pada radiator, sehingga mempengaruhi proses transfer panas. Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan dengan metode Planned Interval Test selama 21 hari menggunakan 3 merk coolant berbeda yang tersedia dipasaran yaitu coolant T, coolant S dan coolant P. Sampel juga diuji dalam aquades tanpa penambahan coolant sebagai pembanding. Temperatur dibuat bervariasi yaitu pada temperatur kamar dan temperatur coolant ketika mesin beroperasi pada 80?C. Dari penelitian ini diperoleh data kehilangan berat dan pH. Dari data kehilangan berat dihitung laju korosi tembaga dan efisiensi inhibisi tiap lingkungan. Laju korosi terbesar terjadi pada lingkungan aquades tanpa penambahan coolant pada temperatur kamar sebesar 1.635 mpy dan meningkat 75% pada temperatur 80?C. Dengan penambahan coolant T laju korosi menurun menjadi 0.124mpy. Hal ini ditunjukan melalui efisiensi inhibisi coolant T sebesar 89.21%, diikuti oleh coolant S 32.55% dan coolant P 10.27%. Ketika temperatur meningkat efisiensi inhibisi coolant S dan coolant P meningkat kecuali pada coolant T. Dari hasil perhitungan LSI (Langier Saturation Index), tidak ditemukan endapan pada permukaan sampel.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: radiator, coolant, corrosion
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 15:03
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item