Logo

Studi banding penggunaan header tipe 4-2-1 dan 4-1 terhadap unjuk kerja motor bensin

Susanto, Hadi (2005) Studi banding penggunaan header tipe 4-2-1 dan 4-1 terhadap unjuk kerja motor bensin. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada beberapa mekanik otomobil yang mengganti exhaust manifold standart dengan exhaust manifold racing atau header, baik yang bertipe 4-1 maupun 4-2-1 pada motor bakar bensin agar torsi dan daya yang dihasilkan meningkat. Namun selama ini tidak diketahui seberapa besar perbedaan yang dihasilkan dari hasil modifikasi ini terhadap performansi motor bakar bensin tersebut. Oleh karena itu dilakukan studi literatur mengenai saluran buang dan dilakukan penelitian tentang dampak penggantian exhaust manifold. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pada header 4-2-1 torsi meningkat 5.3%, daya naik 5.2%, kadar CO naik 13.3%, kadar HC turun 24,3%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik 9.2%. Header 4-1 torsi meningkat 5.4%, daya naik 5.2%, kadar CO turun 1.006%, kadar HC turun 28.15%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik 0.7%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: exhaust manifold, petroleum combustion engine
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 13:41
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6456

Actions (login required)

View Item