Logo

Pengukuran kinerja berdasarkan konsep balanced scorecard sebagai informasi bagi manajemen pada PT. Harrisma

Nugroho, Inggrid (2002) Pengukuran kinerja berdasarkan konsep balanced scorecard sebagai informasi bagi manajemen pada PT. Harrisma. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menjelang era globalisasi saat ini, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang semakin berat. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pengukuran kinerja yang benar-benar dapat membantu perusahaan melakukan perbaikan secara kontinu. Sedangkan, sistem pengukuran kinerja tradisional yang hanya mengukur perspektif finansial dianggap tidak lagi bisa menjawab permasalahan riil yang ada. Beberapa praktisi dan kalangan akademis berpendapat bahwa diperlukan model model baru dalam pengukuran kinerja yang juga mengukur perspektif non-finansial, seperti Integrated Performance Measurement System, Cambridge Model, Balanced Scorecard, dsb. Dari model - model tersebut, penulis memilih salah satu model yang dijadikan obyek penelitian, yaitu Balanced Scorecard yang diperkenalkan oleh Kaplan and Norton pada tahun 1996. Perancangan sistem pengukuran kinerja dengan model ini dilakukan dengan menurunkan serta menerjemahkan visi, misi dan strategi perusahaan ke dalam ukuran-ukuran taktis dan kuantitatif. Dari sini, dilakukan pembobotan dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan scoring untuk masing -masing KPI sehingga perusahaan dapat mengetahui dengan tepat prioritas perbaikan yang harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: balanced scorecard, performance measurement
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 13:00
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item