Logo

Penerapan metode kausal dalam peramalan penjualan pakan ayam broiler di PT. X

, Melissa and L, Kurniawati Sasongko (2003) Penerapan metode kausal dalam peramalan penjualan pakan ayam broiler di PT. X. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peramalan penjualan pakan ayam pada PT. X saat ini hanya menggunakan metode rata-rata bergerak dan mengandalkan intuisi dari pihak marketing, sehingga PT. X merasa perlu membentuk metode peramalan baru yang akurat dan tidak bergantung pada pengalaman peramal. Untuk itu akan dilakukan peramalan penjualan dengan menggunakan metode kausal. Peramalan metode kausal dilakukan dengan menemukan hubungan antara penjualan dengan variabel-variabel yang mempengaruhi penjualan. Variabel tersebut terlebih dahulu dikelompokkan menjadi beberapa faktor dengan menggunakan analisa faktor. Hubungan antara faktor dengan penjualan akan dimodelkan dengan menggunakan metode regresi Linier, Loglinier, Semilog, First-order Autoregressive, Lagged Dependent Variable dan Polinomial. Variabel yang paling mempengaruhi penjualan adalah kualitas produk dan harga ayam hidup. Dari hasil peramalan penjualan secara umum terjadi peningkatan penjualan untuk periode Juli - Desember 2003.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: sales, marketing, causal method, factor analysis, regression model
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 13:27
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/8173

Actions (login required)

View Item