Logo

Faktor-faktor yang membentuk pertemanan melalui media chatting

, Merry's (2006) Faktor-faktor yang membentuk pertemanan melalui media chatting. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chatting merupakan salah satu bentuk media komunikasi baru. Melalui chatting kita dapat berkomunikasi dengan teman, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Chatting merupakan media komunikasi baru dengan peminat yang relatif tinggi, khususnya di lingkungan Universitas Kristen Petra. Menurut teori penetrasi sosial oleh Altman dan Taylor, ada beberapa faktor yang membentuk hubungan seseorang. Pada penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang membentuk pertemanan melalui media chatting serta membandingkan konsep yang ada dengan hasil penelitian, apakah sesuai dengan konsep yang dipakai peneliti atau mengalami perkembangan. Penelitian ini menggunakan konsep penetrasi sosial oleh Altman dan Taylor. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang dikemukakan oleh Altman dan Taylor dalam teori penetrasi sosial sesuai dengan hasil angket mengenai faktor-faktor yang membentuk pertemanan melalui media chatting. Namun untuk beberapa faktor terjadi beberapa penyimpangan terhadap beberapa responden seperti faktor keyakinan atau agama dan membahas masalah pribadi. Dengan demikian hasil penelitian secara garis besar bisa dianggap mendukung teori penetrasi sosial oleh Altman dan Taylor, namun perlu diteliti lebih lanjut hubungan faktor-faktor dengan usia, jenis kelamin, dan agama.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: friendship, chatting
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 21:06
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item