Logo

Peningkatan jaminan kualitas di PT "X"

Cahyono, Fendy Dwi and T, Engeline Fitriani (2006) Peningkatan jaminan kualitas di PT "X". Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT X adalah salah satu perusahaan keramik di Indonesia yang bergerak dalam bidang produksi keramik lantai dan keramik dinding. Departemen yang bertanggungjawab atas jaminan kualitas produk jadi yang dikirim kepada konsumen adalah departemen quality management system. Sebelum produk dikirim kepada konsumen, PT X melakukan 100% inspeksi untuk memisahkan produk berdasarkan tingkat kualitasnya. Pada saat produk sudah berada pada palet-palet, departemen QMS melakukan sampling penerimaan untuk memutuskan apakah palet tersebut layak untuk dikirimkan kepada konsumen. Jumlah pengaduan konsumen merupakan parameter yang menunjukkan kelolosan kecacatan kepada konsumen. Jumlah pengaduan konsumen yang meningkat pada tahun 2005 disinyalir berasal dari kelolosan sistem sampling yang dipakai saat ini. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa baik metode sampling yang dipakai saat ini dan usulan perbaikan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki metode sampling di PT X. Inspeksi 100% terhadap produk jadi untuk memisahkan tingkat kualitas produk dilakukan oleh pekerja. Jumlah pengaduan yang meningkat pada tahun 2005 disinyalir juga berasal dari kelolosan pekerja saat melakukan inspeksi. Penelitian dilakukan terhadap pekerja dari sisi ergonomi dan antropometri untuk mengetahui penyebab kelolosan dan langkah perbaikan yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kelolosan kecacatan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: acceptance sampling, ergonomics, anthropometrics
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 06 Apr 2011 14:49
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/9619

Actions (login required)

View Item