Logo

Studi awal penggunaan material campuran kertas bekas yang mengandung polyethylene serta aluminium foil dan calcium carbonate untuk pembuatan dinding partisi

Tanumihardja, Andrew and Chandra, Rudy Setiawan (2003) Studi awal penggunaan material campuran kertas bekas yang mengandung polyethylene serta aluminium foil dan calcium carbonate untuk pembuatan dinding partisi. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limbah industri dapat berakibat fatal bagi lingkungan khususnya lingkungan hidup, kertas bekas yang memiliki dua lapisan polyethylene dan lapisan aluminium foil merupakan limbah industri yang seharusnya dapat didaur ulang secara efektif untuk pembuatan dinding partisi. Dengan menggunakan kertas yang memiliki lapisan polyethylene sebagai material utama dan dicampur dengan kalsium karbonat sebagai media yang dapat menyebarkan polyethylene menjadi satu kesatuan dengan kertas pada temperatur 200?C. dalam penelitian ini digunakan tiga komposisi yaitu: 30% kertas 70% kalsium karbonat, 50% kertas 50% kalsium karbonat, 70% kertas 30% kalsium karbonat. Berdasarkan komposisi diatas dilakukan tes laboratorium, yaitu: tes tekan, tes tarik, tes lentur, tes akustik, tes penyerapan panas, tes kadar air, dan tes ketahanan terhadap kimiawi dan air. Hasil analisa data tes laboratorium menunjukkan bahwa ketiga komposisi yang diteliti memenuhi standart ASTM, serta hasil dari analisa biaya menunjukkan bahwa komposisi 30% kertas 70% kalsium karbonat merupakan komposisi yang memiliki biaya produksi terendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: waste, compositions, building, wallboard, polyethylene, aluminium foil, calcium carbonate
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 13:44
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item