Logo

Studi tentang faktor pengali gaya dalam kolom portal eksterior berdasarkan kapasitas daktilitas struktur untuk perencanaan pseudo elastis

Tangguh, Andreas and , Harryanto (2004) Studi tentang faktor pengali gaya dalam kolom portal eksterior berdasarkan kapasitas daktilitas struktur untuk perencanaan pseudo elastis. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam konsep Pseudo Elastis diperkenankan mengalami keruntuhan berupa Partial Beam Side-Sway Mechanism. Untuk mencapai mekanisme keruntuhan seperti ini, kolom eksterior direncanakan agar tetap elastis pada saat gempa besar. Dalam studi ini kolom portal eksterior direncanakan dengan suatu faktor pengali yang besarnya ditentukan berdasarkan daktilitas struktur yang akan dicapai. Dalam studi ini ditinjau sutu bangunan tingkat 6 yang direncanakan mempunyai daktilitas 5.3, 4 dan 2. Struktur ini kemudian diperiksa dengan menggunakan gaya gempa dengan periode ulang 100, 200, 500 dan 1000 tahun. Analisa yang digunakan adalah Analisa Static Non-Linear Pushover dengan program ETABS v 7.2 dan Analisa Dinamik Non-Linear Riwayat Waktu dengan Ruaumoko 3D. Hasil analisa menunjukkan bahwa struktur yang direncanakan berdasarkan daktilitas 5.3 dan 4, menunjukkan kinerja seismik yang memuaskan pada semua tingkat seismik. Berbeda dengan struktur yang direncanakan dengan daktilitas 2, hasil yang diperoleh menunjukkan kinerja seismik kurang memuaskan saat gempa di atas 500 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pseudo elastic, partial beam side-sway mechanism, coefficient factor, building, earthquake
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 30 Mar 2011 11:57
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item