Raharjo, Irwan (2005) Perancangan dan pembuatan terowongan angin. Bachelor thesis, Petra Christian University.
Full text not available from this repository.Abstract
Besar gaya-gaya aerodinamis yang dialami oleh suatu benda, misalnya kendaraan bermotor, merupakan suatu masalah yang harus diperhatikan. Gaya aerodinamis yang dialami berpengaruh bagi performa kendaraan bermotor tersebut. Besar gaya-gaya tersebut dipengaruhi oleh bentuk bodi kendaraan. Untuk menganalisa besarnya gaya-gaya aerodinamis yang dialami oleh suatu benda diperlukan suatu terowongan angin. Terowongan angin yang dirancang merupakan terowongan angin subsonic dengan sirkuit terbuka. Terowongan angin dirancang dengan ukuran test section 500 x 500 mm 2 , kecepatan maksimum 30 m/s atau 100 km/jam, dan besar contraction ratio 9. Terowongan angin ini memiliki intensitas turbulensi maksimum sebesar 0,45%. Profil kecepatan aliran yang seragam mulai terbentuk pada jarak 50 mm dari dinding test section untuk kecepatan 30 m/s dan lebih pendek untuk kecepatan yang lebih rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fluid mechanics, subsonic wind tunnels, test section flow calibration |
Subjects: | UNSPECIFIED |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 18:48 |
Last Modified: | 29 Mar 2011 13:27 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10746 |
Actions (login required)
View Item |