Logo

Gambaran konsumerisme dalam iklan di Majalah Perempuan

Chandra, Eka Yuliani (2007) Gambaran konsumerisme dalam iklan di Majalah Perempuan. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan merupakan satu bentuk komunikasi yang sangat sering dijumpai. Salah satu jenis media yang banyak digunakan untuk iklan adalah majalah. Tampilan iklan yang terkesan melebih-lebihkan mampu mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk yang tidak diperlukan secara berlebihan sehingga timbullah budaya konsumerisme. Budaya konsumerisme membuat konsumen menjadikan barang yang dibeli sebagai ukuran status sosialnya. Salah satu target potensial dari iklan adalah perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsumerisme dalam iklan di majalah perempuan, dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisa isi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar iklan fashion yang ada pada Femina, Cosmopolitan dan Kartini mengandung unsur konsumerisme dan unsur yang mendominasi adalah previlege dan status. Sedangkan unsur romantisme dan sensualitas paling banyak terdapat pada majalah Cosmopolitan karena majalah ini adalah majalah lisensi luar negeri yang masih banyak berpedoman pada selera yang berlaku di negara induknya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: consumerism, advertising, magazine
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 13:14
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item