Logo

Perancangan buku lagu daerah Indonesia dengan notasi balok untuk siswa kelas vokal

Tokan, Maria Fransisca B (2008) Perancangan buku lagu daerah Indonesia dengan notasi balok untuk siswa kelas vokal. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan peradaban dunia terus bergulir. Setiap perkembangan tersebut tentunya mempengaruhi tata kehidupan masyarakat yang akhirnya menghadapkan bangsa Indonesia pada etika dan moralita Pancasila. Perubahan peradaban di Indonesia juga menyentuh nilai-nilai tradisional, sehingga terjadi benturan dengan nilai-nilai baru dari luar yang mengakibatkan berubahnya perilaku budaya. Bahkan, sebagian warisan masa lampau dengan terpaksa ditinggalkan sebab adanya tuntutan jaman untuk menyerap nilai-nilai dari luar. Lagu daerah merupakan salah satu warisan masa lampau yang mulai ditinggalkan di tengah perkembangan musik asing dan modern. Siswa kelas vokal yang dianggap mampu memahami sebuah lagu atau komposisi, telah banyak melatih diri dengan lagu-lagu dari berbagai jaman. Dalam syarat kelulusan tingkatnya, siswa diuji kemampuannya dalam menyanyikan lagu daerah. Namun, belum ada media pembelajaran yang dikhususkan bagi siswa kelas vokal. Oleh karena itu, diciptakan media pembelajaran lagu-lagu daerah Indonesia bagi siswa kelas vokal. Lagu-lagu daerah tersebut dikemas dalam perancangan buku. Dimana di dalamnya dibagi menjadi delapan kelompok daerah, yakni: Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Betawi dan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali, Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua. Masing-masing kelompok terdiri dari lima lagu daerah beserta penjelasannya yang diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan lagu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: book design, indonesian folksongs, block notation, vocal class
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 06 Apr 2011 12:45
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item