Logo

Perlakuan akuntansi dan perpajakan atas transaksi capital lease di PT. "X"

Hermawan, Andy (2005) Perlakuan akuntansi dan perpajakan atas transaksi capital lease di PT. "X". Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah perlakuan akuntansi atas capital lease yang diterapkan oleh perusahaan telah sesuai dengan Standar Akuntansi keuangan dan perhitungan pajak penghasilan dan pelaporan pajak atas capital lease serta mencari alternatif manakah yang penghematan pajaknya paling besar. PT X telah memilih alternatif capital lease. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini membuktikan bahwa capital lease yang paling menguntungkan karena penghematan pajaknya paling besar sejumlah Rp. 103.457.244,59 secara nominal dan sejumlah Rp. 79.136.718,53 secara present value. Suku bunga tidak berpengaruh pada sewa guna usaha karena meskipun dengan suku bunga sama dengan kredit bank capital lease tetap memberikan penghematan pajak paling besar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: accounting treatment, calculating and reporting of income tax, capital lease, purchasing with bank loan, direct purchasing
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 11:15
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item