Logo

Hubungan antara time overruns dan kepuasan konsumen menurut pendapat kontraktor dan pengembang pada proyek perumahan

Putri, Kezia Irwan Agus and Boediono, Fransiska Dwi Yuniati (2007) Hubungan antara time overruns dan kepuasan konsumen menurut pendapat kontraktor dan pengembang pada proyek perumahan. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada proyek konstruksi perumahan, kontraktor merupakan pihak penyedia jasa sedangkan pengembang merupakan konsumen jasa konstruksi. Pada proyek konstruksi ini kerap timbul masalah yang akan mempengaruhi jalannya proyek dan berdampak pada hubungan antara pihak kontraktor dengan pengembang. Hambatan yang seringkali dihadapi oleh kontraktor adalah time overruns. Terjadinya time overruns dapat memberikan dampak pada kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap pengembang yang saat ini sedang melakukan pembangunan perumahaan di Surabaya dengan harga jual Rp.500 juta beserta dengan kontraktornya. Dari setiap faktor penyebab time overruns, kepuasan konsumen, dan hubungan antara keduanya akan dianalisis secara deskriptif dengan distribusi frekuensi, mean dan peringkat serta analisis inferensial dengan analisis chi-square. Hasil analisa kuesioner menunjukkan bahwa gambar bestek yang kurang lengkap dan rencana kerja pengembang yang berubah-ubah merupakan penyebab terjadinya time overruns. Sedangkan faktor yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen menurut pengembang dan kontraktor adalah kualitas produk dan timeliness. Lebih lanjut, terjadinya time overruns mempengaruhi kepuasan konsumen dalam hal kualitas, kredibilitas dan timeliness.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: residential, developer, contractor, time overruns, customer satisfaction
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 03 May 2011 11:45
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item