Logo

Komponen-komponen yang memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian pertama (first purchase) pada produk teh hijau siap minum dalam kemasan (ready to drink) merek Green-T

Budiman, Frenky (2007) Komponen-komponen yang memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian pertama (first purchase) pada produk teh hijau siap minum dalam kemasan (ready to drink) merek Green-T. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan majalah MIX pada bulan Maret 2006 dapat diketahui bahwa produk Green-t merupakan produk yang memiliki potensi yang tinggi. Green-t ditujukan pada konsumen dewasa dari kalangan menengah atas, dengan pertimbangan konsumen kalangan ini umumnya memiliki jadwal kesibukan yang padat namun mereka memiliki kesadaran terhadap pola hidup dan pola konsumsi yang sehat dan pada segmen ini tidak sensitif terhadap harga. Secara geografis, produk ini akan banyak dipasarkan di daerah urban. Berdasarkan hasil pembahasan mengenai analisis klaster a pada konsumen produk Green-T, ditemukan bahwa konsumen dapat dikelompokkan menjadi tiga klaster. Tiga klaster ini meliputi klaster 1 (11 konsumen), klaster 2 (52 konsumen), dan klaster 3 (58 konsumen) sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan dalam menyikapi diffusion innovation, market maven, dan marketing communication sehingga mempengaruhi perilaku pembelian pertamanya. Melalui analisa faktor, analisa klaster, dan analisa crosstabulation, diperoleh hasil bahwa diffusion innovation paling mempengaruhi konsumen klaster 3 untuk melakukan pembelian terhadap produk Green-T. Sedangkan diffusion innovation rendah dalam mempengaruhi konsumen klaster 2. Sedangkan diantaranya yaitu konsumen klaster 1. Sedangkan market maven ternyata paling mampu mempengaruhi konsumen klaster satu dibandingkan konsumen klaster lainnya. Untuk marketing communication ternyata paling mampu mempengaruhi konsumen dari klaster 3 dibandingkan konsumen klaster lainnya. Sedangkan bagi konsumen klaster satu, marketing communication ini paling rendah mempengaruhi konsumen klaster ini untuk melakukan pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: diffusion innovation, market maven, marketing communication
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 08:29
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item