Wibisono, Ria Angelia (2008) Representasi nasionalisme dalam iklan korporat PT.Gudang Garam Tbk. Bachelor thesis, Petra Christian University.
Full text not available from this repository.Abstract
Nasionalisme adalah situasi kejiwaan di mana kesetiaan seseorang secara total diabdikan langsung kepada negara bangsa atas nama sebuah bangsa. Sedangkan representasi adalah sesuatu yang merujuk pada pesan yang dengannya realitas disampaikan dalam komunikasi; melalui kata-kata, bunyi, citra, atau kombinasinya.Penelitian ini membahas bagaimana nasionalisme direpresentasikan dalam iklan korporat PT.Gudang Garam Tbk. versi "Rumahku Indonesiaku" dan "Rumahku Indonesiaku: Cahaya Asa". Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode semiotika, berlandaskan teori kode televisi John Fiske, konsep sintagma-paradigma Saussure, dan grammar of film and television. Nasionalisme yang direpresentasikan dalam iklan yang diteliti meliputi kemandirian, solidaritas sosial, patriotisme, keadilan sosial, dan identitas nasional. Meski iklan ini dibuat sebagai kampanye CSR (Corporate Social Responsibility), masih ada simbol tertentu di dalamnya yang identik dengan simbol yang biasa digunakan untuk merepresentasikan produk rokok Gudang Garam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representation, nationalism, corporate advertising, television semiotics |
Subjects: | UNSPECIFIED |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 18:48 |
Last Modified: | 28 Mar 2011 21:51 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/12783 |
Actions (login required)
View Item |